Rabu, 25 Februari 2015

Anda Berani Ambil Resiko Bisnis Seperti Saya ??????


Sukses itu memang tidak didapat secaras instant.... banyak org sukses yang saya temui.. dibalik cerita suksesnya ada deretan pengalaman jatuh bangun.

Daripada menceritakan pengalaman orang lain dalam mencapai "kesuksesanya mengalahkan ketakutan dalam memulai bisnis" , saya akan menceritakan keberanian saya yang ternyata berujung kegagalan dalam berbisnis, diantaranya :

1. Saya habis modal sekitar 60 jt untuk ikut mainan bisnis anthurium...yang waktu itu sungguh sangat booming. Demi mengikuti trend maka saya beli banyak tanaman anthurium mulai dari jenis hookery, jenmanii sampai dengan wave of love atau gelombang cinta. Setelah jalan 1.5 tahun akhirnya perputaran dari bisnis anthurium ngak bagus, dan dipastikan dari usaha ini saya ngak balik modal sama sekali.

Dari kegagalan bisnis anthurium ini saya dapat banyak ilmu, pertama ilmu marketing, kedua ilmu kesabaran yang luarrrr biasa ( bayangkan nunggu tunas 1 daun anthurium jenmanii butuh waktu 1 bulan ), yang ketiga adalah sukses bisnis tidak bisa dicapai secara instan harus ada proses dan harus menikmati proses jatuh bangunnya.


2. Saya habis 30 jt untuk mencoba bisnis konveksi, waktu itu sdh punya 18 karyawan di rumah, namun ternyata satu hal yang membuat saya dan istri tidak kuat adalah, tiap hari karyawan kasbon... hadewww kaya mesin atam aja, tiap saat di tarik tunai.. wkkwkw, akhirnya saya memutuskan balik ke bisnis awal sebagai clothingan saja.

Saya dan istri memang memutuskan membuka konveksi di rumah sebagai sarana pendukung brnad kami yang sudah mejeng di distro-distro.


3. Saya habis 25jt, mencoba bisnis jual ATK dan baju anak bersama istri..., tapi saya dpt pengalaman link-link mengenai bisnis ATK, pernak pernik dll. Pengalaman seru karena tiap 3 hari sekali naik kereta dari Bekasi ke Stasiun Kota untuk kulakan di Pasar Pagi Mangga dua.


4. Saya habis 50-75 jt bisnis distro, pertama di Magelang, toko yang ke-2 di Bekasi... ternyata setelah dapat relasi seorang master fengshui, ternyata saya tidak punya elemen bumi, padahal kalau mau buka toko harus punya elemen bumi.. hehheeh.... ( jadi teringet : ketik reg_spasi_ kirim ke.... , ternyata itu bukan basa basi namun berdasarkan ilmu dan pengalaman org2 jaman dulu kala )


5. Saya habis 5 jt mencoba bisnis cakwe.., ternyata hikmahnya saya jadi tidak doyan makan cakwe, karena adonan cakwe rata2 menggunakan sedikit tawas biar cakwenya rasanya mak "cressss"..

6. Saya habis modal sekitar 6 jt buat bisnis boneka shaun the sheep... dan ternyata ngak untung alias rugi, ini saya ikut-ikutan demam film shaun the sheep di tv.


7. Dulu habis kuliah saya ikut kursus untuk bisa kerja di kapal pesiar.. ehhh ternyata malah ketipu 7 jt.. ama agencynya. Namun saya senang karena bisa training di hotel Shantika jogja, banyak pengalamannya, bahkan saya sempat makan pizza dari tempat sampah... bekasnya tamu hotel heheh.. soalnya dari rumah lupa sarapan..trus harus handle 7 kamar untuk diberesin.

Terimakasih ya Hotel Santika karena selama 3 bulan saya diajarkan tentang ilmu service, ilmu melayani tamu, ilmu sopan santun, ilmu kedisiplinan, dan masih banyak lagi ilmu yang saya dapat selama magang 3 bulan di hotel Santika Jogja


8. Saya dan bapak saya pernah memelihara 14 ekor sapi pas saya kuliah, dulu teman saya pulang kuliah pergi pacaran dengan mahasiswi.. saya pulang ke kandang pacaran dengan sapi. Pengalaman yang menarik adalah suatu hari sapi betina kami yang hamil, bolnya keluar, kemudian saya panggil dokter hewan, nah untuk memasukkan bol ini ( kaya ambaien ) saya harus memasukkan tangan kiri saya mendorong bol itu masuk ke perut sapi saya, akhirnya badan saya penuh dengan kotoran dan kencing sapi. Posisi tangan saya didalam perut sapi kira-kira 5 menit karena dokter hewannya harus menjahit bagian anus sapi supaya bol nya ngak keluar lagi.

Dari pengalaman bisnis saya di atas, saya tidak pernah merasa rugi... karena duit saya datangnya dari Tuhan.. melalui perantaraan pinjaman dari bank, keluarga saya bukanlah keluarga kaya, orang tua saya profesinya adalah guru dan sangat tidak familiar dengan yang namanya bisnis karena mereka sudah nyaman dengan status pegawai negerinya, jadi semua uang yang saya pakai untuk buka usaha adalah uang pinjaman dari bank.

Setelah mendapatkan banyak pengalaman rugi bisnis ini, kini saya malah bersyukur karena saya telah diberikan keberanian untuk mencoba berbagai usaha, dan banyak mendapatkan ilmu...

Mending mencoba, daripada hanya bisa bermimpi namun sama sekali tidak pernah terealisasi, bahkan yang lebih parah adalah mereka yang bisanya hanya mengkritik, mencemooh, menyangsikan orang lain yang baru menata hati, merintis usaha sampingan, mencoba mencari pendapatan tambahan.

Saya percaya, bahwa Tuhan lebih suka orang yang mau bekerja dan berdoa daripada orang yang hanya rajin berdoa dan meminta tanpa pernah mau mencoba dan berusaha.

Salam Maju Mapan.


Silahkan lihat video dibawah ini :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar